Kamis, 19 April 2012

Layak Dipercaya

Pembacaan alkitab, kejadian 39:1-23

Sebab itu kepala penjara
memercayakan semu
tahanan dalam penjara
itu kepada Yusuf,
dan segala pekerjaan
yang harus dilakukan
di situ, dialah yang
mengurusnya
(KEJADIAN 39:22)


S
aya mengenal sebuah persekutuan gereja-gereja mengusung tema tahunan: “ Komunitas yang Layak Dipercaya”. Gereja ini sadar bahwa kesaksian hidup umat kristen secara utuh mesti sedemikian mantap  hingga membuat siapapun yang berurusan dangannya juga merasa mantap, nyaman, tentram, dan aman. Namun, dalam tempat atau situasi tertentu, bisa jadi praktiknya tidak mudah.

Perbedaan tempat, perbedaan situasi tidaklah meredupkan kualitas Yusuf. Di mana pun ia berada, orang percaya kepadanya dan memercayakan pekerjaan penting kepadanya. Di rumah Potifar yang mewah, maupun dalam penjara yang keras (ayat 4, 22). Mengapa bisa demikian? Karena Yusuf terampil dalam hal manajemen? Bisa jadi. Namun bagi penulis kitab kejadian, alasan utamanya karena “Tuhan menyertai Yusuf dan membuat apa yang dikerjakannya berhasil” (ayat 2,23). Yusuf menyadari hal itu. Ia tahu Tuhan memperhatikan pilihan-pilihan yang ia ambil saat bekerja (ayat 9), karena itu tentu ia senantiasa melakukan yang terbaik sebagai wujud nyata cinta dan kasihnya pada Tuhan.

Semua orang tentu ingin disertai Tuhan seperti Yusuf dan berhasil. Namun, apakah kita juga sungguh menyertakan Tuhan dalam apa yang kita kerjakan? Menyertakan Tuhan berarti peduli terhadap pilihan-pilihan yang selaras dengan Firman-Nya, apapun situasinya. Pilihan-pilihan yang demikian dapat dipercaya. Sudah seharusnya orang-orang bersentuhan hidup dengan kita merasa mantap dan aman, karena tahu mereka berurusan dengan anak-anak Tuhan dalam segala perkara.


Ketika Tuhan menyertai, kita pun harus mau diajari
bagaimana membuat pilihan yang selaras dengan kehendak-Nya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar